JASA Analisis Data Statistik

Jasa analisis data statistik merupakan jasa yang biasanya ditawarkan oleh pihak ketiga kepada peneliti yang sedang kesulitan mengolah data yang sudah terkumpul. Proses analisa data biasanya dimulai dari proses entri data, validasi data sampai dengan analisa data dan penarikan kesimpulan.

Tujuan utama dari analisis data sendiri adalah untuk mengolah data mentah yang masih berupa angka-angka atau pun data kualitatif menjadi sebuah informasi yang berguna bahkan lebih tinggi lagi menjadi pengetahuan.

Dalam dunia riset, proses statistik sendiri dimulai dari pekerjaan fieldwork atau proses lapangan dalam pencarian dan pengumpulan data. Data mungkin dikumpulkan melalui data primer ataupun sekunder. pada proses pengumpulan data diperlukan teknik pengambilan sampel dan penentuan jumlah sampel melalui perhitungan statistika.

Setelah data terkumpul, tahap selanjutnya adalah data entry atau dikenal dengan data punching yaitu memasukan data ke dalam komputer. Jika penelitian dilakukan melalui survey dengan bantuan kertas kuesioner, maka data entri mutlak dilakukan. Namun jika data diperoleh dari sumber sekunder dan sudah dalam bentuk file excel, maka proses punching tidak perlu dilakukan.

Selanjutnya adalaha validasi data atau screening data. Validasi data kuesioner dapat dilakukan melalui metode validitas dan reliabilitas. Sementara data sekunder dapat divalidasi melalui outlier dan normalitas data. setelah proses validasi selesai, maka proses selanjutnya adalah analisis data.

Peneliti perlu menelaah kembali apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama penelitian agar proses analisa data tidak melebar sehingga tidak menyentuh inti permasalahan. Secara garis besar analisis data berdasarkan tujuan penelitian dibagi ke dalam beberapa kelompok sebagaimana berikut:

1. Analisis Data Deskriptif

Pada tujuan yang pertama ini, peneliti hanya menggambarkan fenomena apa adanya melalui ukuran-ukuran statistik seperti mean, median, modus, standar deviasi dan sebaran data lainnya. Di sini, tidak ada pengujian hipotesis. Analisis deskriptif biasanya disebut juga dengan penelitian eksploratori. Yaitu penelitian untuk melakukan eksplorasi bukan menguji hipotesis tertentu.

2. Analisis Data Komparatif

Pada analisis statistik komparasi, peneliti sudah melakukan statistik inferentif atau pengujian hipotesis dengan cara membandingkan beberapa populasi. peneliti dapat membandingkan dua kelompok populasi atau lebih. ukuran yang dibandingkan bisa rata-rata, proporsi atau variansnya.

3. Analisis Data Asosiasif

Dikenal juga dengan analisis korelasi. Peneliti mencoba menghubungkan dua variabel yang diduga memiliki hubungan. sebagai contoh peneliti mencoba menghubungkan antara sosial ekonomi masyarakat dengan preferensi terhadap kandidat presiden tertentu. disini ingin diketahui apakah ada hubungan antara sosial ekonomi yang direpresentasikan oleh pendapatan dengan kencenderungan memilih kandidat A, misalnya.

4. Analisis Data Kausatif

Perbedaan mencolok antara analisis data kausatif atau kausalitas dengan analisis data asosiatif adalah arah hubungan sebab akibat yang jelas. Jika kedua variabel memiliki arah sebab akibat yang jelas maka dikategorikan ke dalam analisis kausatif. sebagai contoh aktivitas promosi menyebabkan meningkatnya omset, bukan sebaliknya. dalam dunia kedokteran misalnya, pengaruh dosis obat tertentu terhadap kesembuhan pasien. Tidak masuk akal jika kita balik, kesembuhan mempengaruhi dosis obat.

Tentunya setelah memperhatikan tujuan-tujuan dari sebuah penelitian seperti tertera di atas, diharapkan peneliti dapat memilih metode statistik yang tepat. Metode statistik itu ibaratnya sebuah alat pemotong, mungkin boleh gergaji, pisau dapur, gunting, pedang, golok, atau mesin pemotong. Alat-alat tersebut akan lebih efektif jika digunakan dengan memperhatikan tujuannya. Tentunya tidak efektif mengiris bawang menggunakan golong, walaupun memungkinkan untuk dilakukan. Begitupun dengan metode statistik. Semua metode memungkinkan untuk digunakan tapi apakah efektif atau tidak dengan tujuannya.

Ayat HIdayat Huang

Lecturer of Statistics and Research Methodology in Jakarta, Indonesia
Ayat HIdayat Huang

Latest posts by Ayat HIdayat Huang (see all)