Pengolahan Data Penelitian

Pengolahan data penelitian secara umum diartikan sebagai operasi yang dilakukan terhadap satu set data sehingga menghasilkan informasi yang berguna. proses pengolahan data dimulai dari data mentah menjadi informasi yang berguna bahkan menjadi ilmu pengetahuan. Tanpa proses pengolahan data, maka data hanya dalam bentuk angka-angka yang tidak memiliki makna. Sebagai contoh angka 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50% hanya merupakan angka-angka atau data yang tidak bermakna. namun, ketika peneliti mengolahnya, data tersebut dapat menjadi informasi. misalnya, tingkat kemiskinan di sebuah kota di negara A adalah sebesar 30%. dari sini kita mendapatkan informasi bahwa tingkat kemiskinan di kota tersebut masih cukup tinggi.

Lebih jauh lagi, pengolahan data penelitian dapat memproses data mentah menjadi ilmu pengetahuan. Data kemiskinan di kota A adalah 30% pada tahun 2010. Melalui sebuah kebijakan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, tingkat kemiskinan di kota A menjadi 20%, misalnya. Setelah dilakukan proses pengolahan data dari sekian banyak data yang dikumpulkan, kebijakan B dapat mengurangi tingkat kemiskinan sebesar 10%. Hal tersebut bukan lagi sebatas informasi, tetapi pengetahuan. Untuk mengurangi kemiskinan maka kebijakan B perlu dilakukan oleh pemerintah.

Input dari pengolahan data penelitian adalah sekumpulan data yang akan diproses. Input tersebut dapat dalam bentuk data sekunder atau data primer. Data sekunder adalah data yang dikumpulkan dari pihak ketiga atau pihak lain. Contohnya data laporan BPS, data BPK dan data dari sumber sekunder lainnya. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti. misalnya melalui proses wawancara, survei atau pengamatan langsung. Kedua jenis data ini sama-sama dapat diproses menjadi informasi yang berguna.

Proses pengolahan data dapat dilakukan secara otomatis dengan bantuan software atau dapat juga melalui penghitungan manual. output pengolahan data dapat berupa sajian deskriptif seperti diagram.

Ayat HIdayat Huang

Lecturer of Statistics and Research Methodology in Jakarta, Indonesia
Ayat HIdayat Huang

Latest posts by Ayat HIdayat Huang (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*