Teknik Analisis Data Penelitian Tesis

analisis data penelitian

Teknik analisis data penelitian adalah proses mengolah data mentah menjadi informasi bahkan ilmu pengetahuan. Data mentah hanyalah menjadi angka-angka jika tanpa ada proses analisis data. Semua proses analisis data relatif sama baik dalam skrispi, tesis, ataupun disertasi. Analisis data dimulai dari pengambilan data ke lapangan, setelah terkumpul data dilakukan cleaning, apakah data yang terkumpul sudah cukup valid atau belum. Bagian dari cleaning data adalah mengidentifikasi apakah terdapat missing value atau tidak. Bagaimana memperlakukan missing value atau data yang hilang. Setelah data terkumpul maka proses selanjutnya adalah dengan melihat distribusi data. Data harus terdistribusi normal atau mengikuti distribusi lainnya. Analisis data dilakukan sesuai dengan berbagai teknik statistik yang tepat. Secara garis besar terdapat 3 metode analisis data sesuai tujuan dari sebuah penelitian. Apakah tujuannya adalah untuk menggambarkan, membandingkan, atau mencari hubungan atau pengaruh.

Analisis Gambaran /desktiptif

Teknik analisis data penelitian gambaran atau desktiprif bertujuan untuk mengeksplorasi data, menyajikan data menjadi mudah dipahami sehingga dapat diambil kesimpulan yang berguna. Analisis data deskriptif lebih banyak bermain dengan tabel dan grafik-grafik. Tujuannya adalah tentu untuk menyajikan data agar lebih mudah difahami secara visual. Tabel-tabel distribusi frekuensi merupakan banyak digunakan untuk menyajikan data ordinal dan nominal.

Ukuran statistik untuk analisis data desktiptif secara sederhana dibagi menjadi dua ukuran. Ukuran yang pertama adalah untuk mengukur pemusatan data. Sedangkan ukuran kedua adalah untuk mengukur penyebaran data. Untuk data numerik, ukuran gejala pusat yang cocok adalah mean dan ukuran penyebarannya adalah standar deviasi.

Analisis Perbandingan

Teknik analisis data penelitian untuk tujuan tentu berbeda dengan analisis data untuk gambaran. Bedanya di mana? Bedanya adalah jika analisis gambaran hanya bertujuan untuk menyajikan data apa adanya tanpa menghubungkan dengan variabel lainnya. Pada analisis perbandingan justeru berbeda. Di sini kita membandingkan antara kelompok. Yang dibandingkan tentu lebih dari satu kelompok. Mungkin dua kelompok, tiga kelompok atau lebih.

Sebagai akademisi tentu kita semua pernah mendengar dengan analisis data dengan uji anova. Uji anova digunakan untuk menganalisis perbedaan rata-rata antara lebih dari dua kelompok. Misalnya kita hendak membandingkan antara rata-rata pendapatan masyarakat di kota Jakarta, Bandung dan Surabaya. analisis lainnya untuk membandingkan dua kelompok adalah Uji T. Sebagai contoh kita hendak membandingkan antara rata-rata berat produk A dan produk B, mana yang lebih tinggi penjualannya.

Analisis Hubungan

Teknik analisis data hubungan adalah bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan antara dua variabel atau lebih apakah memiliki keterkaitan atau tidak. Analisis data ini dilakukan terhadap variabel yang secara teoritis belum tentu memiliki keterkaitan. Contoh, belakangan ini ramai-ramai diberitakan bahwa harga indeks di pasar saham naik ketika salah satu pasangan calon presiden dinyatakan menang dalam quick count. Nah, analisis yang cocok untuk melihat keterkaitan fenomena ini adalah analisis hubungan.

Teknik analisis data penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalah hubungan adalah korelasi. Korelasi yang paling dikenal adalah korelasi pearson dan product moment. Perbedaan antara korelasi pearson dan product moment adalah pada skala data yang digunakan. Skala data ordinal cocok dianalisis dengan menggunakan korelasi spearman. Sedangkan untuk mengukur hubungan pada data interval atau rasio maka korelasi product moment lebih cocok digunakan.

Analisis Pengaruh

Teknik analisis data pengaruh bertujuan untuk mencari pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lainnya. Analisis data ini bersifat kausalitas, atau sebab akibat. Jadi peneliti harus meyakini atau ada landasan teori bahwa terdapat hubungan kausalitas antara kedua variabel ini. Sebagai contoh, dalam bidang ekonomi pengaruh pendatapatan terhadap tingkat konsumsi, apakah konsumsi masyarakat yang meningkat disebabkan oleh pendapatan yang meningkat atau bukan. Jawabannya bisa iya atau tidak. Dalam bidang marketing misalnya seorang manajer bertanya apakah biaya promosi yang dikeluarkan selama ini berdampak kepada peningkatan penjualan perusahaan atau tidak. Jika meningkat seberapa signifikan tingkat peningkatannya.

Metode analisis data dalam statistik yang biasa digunakan untuk mengukur pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lainnya adalah dengan menggunakan analisis regresi. Analisis regresi merupakan fungsi matematis dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Selain analisis regresi sebetulnya masih terdapat metode analisis data yang lain untuk melihat pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lainnya yaitu Analisis Jalur dan Struktural Equation Modelling atau SEM. Lebih lanjut akan dibahas pada artikel berikutnya.

Ayat HIdayat Huang

Lecturer of Statistics and Research Methodology in Jakarta, Indonesia
Ayat HIdayat Huang

Latest posts by Ayat HIdayat Huang (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*